Rabu, 23 Desember 2009

Bumbu Rahasia masakan enak


Semalam habis nonton film Ratatouille di Disney Channel bareng anak-anak. Cerita tentang Remy si tikus yang pinter banget masak. Sebetulnya misi yang tersembunyi dari cerita itu yang membuatku tertarik adalah moto dari si chef idola Remy, Chef Gusteau: "Anyone Can Cook"
Siapaun bisa masak. Ya.. setuju. siapapun bisa masak. Banyak sih orang yang ngaku ga bisa masak. Tapi kalo perut lapar ... dan tidak ada orang satupun yang bisa dimintain tolong untuk memasak, masa sih naluri masaknya ga keluar hehehe :))
Siapapun bisa masak. Tapi memasak masakan yang enak.. seperti si Remy memang tidak semua orang bisa. Di cerita itu bahkan kritikus yang paling sarkastik dan kejam dalam menulis review restoran bisa takluk sama keahlian Remy masak resep sesederhana ratatouille. Lalu apa yang bisa membuat masakan jadi enak? msg kah.. gula kah.. bawang goreng kah..
Ya semua orang punya tehnik sendiri sendiri untuk membuat suatu masakan jadi enak. Bahkan ada sebuah cerita tentang ibu yang memiliki sebuah toples berisi bumbu rahasia yang di taruh di rak paling atas dari lemari dapur. Si anak tidak pernah boleh membuka toples itu karena itu adalah bumbu rahasia yang membuat masakan ibunya sangat lezat. Ketika mencoba mengetahui bumbu rahasia ibunya dan membuka toples itu, ternyata isinya hanya kertas dengan tulisan : LOVE. Ibunya memasak dengan rasa cinta pada anaknya. Itu yang membuat masakannya begitu enak di lidak si anak.

Hmmmm bagaimana dengan bumbu rahasiaku??
Aku selalu ingat dan selalu mengikuti ajaran dari guru masakku, Bu Vonny. Jangan memasak dengan perasaan sedih atau marah. Masakanmu pasti jadi nggak enak. Ya.. itu sudah pernah kualami dan itu adalah rahasia memasakku yang pertama.
Yang kedua adalah memasak dengan rasa cinta. Karena dari rasa cinta itu perasaan marah dan sedih itu bisa kita singkirkan. Dan bumbu rahasia pamungkasku dan yang paling penting adalah: DOA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar