Selasa, 30 Maret 2010

Menu Hari Ini

Paling pusing kalo mikir menu. Teman-teman punya problem yang sama nggak? Pantas saja mamaku dulu sering sebel kalo aku ditanyain mau makan apa dan jawabanku waktu itu " Apa aja deh, Ma?!" Ternyata setelah jadi ibu rumah baru berasa kenapa mama suka pusing sama mikirin menu. Suami ga suka udang tapi si sulung mau udang. Ditanya ke forum, suami minta ikan, sulung minta ayam, bungsu minta mi goreng. Hwaduuuuuuuuuhhhh emangnya kita bikin restoran?? Jadi deh teringat sama keluh kesahnya mamaku tentang mengatur menu.
Lain hari suami ditanya, jawabnya "Terserah."
Kemudian waktu melongok masakan di wajan, langsung komentar, " Sup lagi?" atau "Ayam lagiiii???"
Nadanya itu lhoooo... Bikin sebeeeeeeeeel.. sebel.. sebel.. Ugh!?! apa kabar sama jawaban terserahnya??Hehehe kalo udah liat aku bete suami langsung ngabur sambil ketawa puas. Ya, emang suamiku paling seneng deh ngegangguin orang. Aslinya dia suka kok sama semua masakan istrinya :) (daripada harus beli ya, Beib?) ;))
Mamaku tersayang selalu mengajarkanku bahwa dalam mengatur menu selalu harus ada menu berkuah, sayur, dan lauk pauk. Itu yang sampai sekarang aku coba tetap terapkan. Kalau mau nggak susah sebetulnya dalam membantu kita mengatur belanjaan, kadang aku udah nyiapin daftar menu selama seminggu atau sepuluh hari. Dengan begitu kita nggak terlalu pusing untuk belanja. Pe er terberatnya adalah mencoba merangkum semua kesukaan seluruh anggota keluarga dalam satu menu.

Menu 10 hari:

hari 1.
opor
tempe bacem
- bening bayam

hari 2.
acar kuning ikan
- tahu goreng + sambel kecap
sayur asem

hari 3.
semur daging cincang
tempe penyet
- pecel + rempeyek

hari 4.
- udang mayonais (untuk daddy d filet ikan mayonais)
kimlo
- jamur enoki goreng

hari 5.
- krengsengan ati ampela
- bobor daun singkong
- botok tahu tempe

hari 6.
sup iga / buntut
- bakwan udang
- mi goreng

hari 7.
pepes tongkol
- lodeh
- oseng tahu tempe

hari 8.
- ayam goreng tepung
- cap cay
- bihun goreng

hari 9.
soto betawi
- perkedel kentang
- oseng toge

hari 10.
balado telur dan otak
gulai nangka
kembang kol goreng

Nah, kalau sudah begini beban pikiran agak sedikit berkurang. Paling tidak sepuluh hari sudah ada bayangan mau masak apa. Pada prakteknya kadang menu itu bisa di bolak balik sesuai permintaan krucil atau bapaknya. Tapi biasanya gak beda jauh dari menu yang sudah dibuat. Nanti weekend udah siap-siap bikin menu lagi.

1 komentar:

  1. nyontek menu nya ya mba....sangat membantu nich...hehehehehe thanks....

    BalasHapus